Penerapan E-Commerce Pada KASKUS
PENERAPAN
E-BUSINESS PADA KASKUS INDONESIA
Kaskus merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan
nomor 1 Indonesia, penggunanya disebut dengan Kaskuser. Perusahaan kaskus
didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia
yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang
melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs kaskus ini dikelola oleh
PT Darta Media Indonesia. Kaskus ini memiliki lebih dari 3,4 juta
pengguna terdaftar. Kaskuser umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang
dewasa yang berdomisili di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Kaskus yang
merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas
kecil yang kemudian berkembang hingga sampai saat ini. Kaskus telah dikunjungi
sedikitnya oleh 900 ribu orang dengan jumlah page view melebihi 15.000.000
setiap harinya.
Kaskus juga merupakan forum jual-beli. Forum jual-beli
tersebut memberlakukan system e-commerce karena transaksinya dilakukan secara
elektronik. Untuk mempermudah, kaskus memberikan transaksi online yang mudah
yang dinamakan kaskus e-pay. Dalam hal jual-beli, kaskus telah
berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia. Di kaskus tersebut
diberlakukanlah sistem e-commrce, karena orang menjual barang melalui kaskus,
dan juga transaksi yang dilakukan antara penjaual dan pembeli menggunakan
transaksi elektronik. Untuk itu, kaskus adalah e-business yang terbaik di
Indonesia saat ini adalah sebab kaskus memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri
dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah:
- Kaskus merupakan forum yang memiliki anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread paling update sehingga tidak ketinggalan jaman.
- The Lounge menyediakan banyak artikel unik yang sebelumnya mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya.
- CCPB mempermudah kita untuk mencari software (crack)
- Kaskus adalah forum asli buatan Indonesia
- Dalam FJB (forum jual-beli) kaskus menyediakan berbagai macam barang dalam berbagai bentuk dan rupa baik baru maupun bekas.
- Emoticon serta member kaskus sangat lucu dan humoris sehingga emoticon yang lucu ini mampu membuat member terbebas dari rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disediakan tulisan kaku tetapi ada juga emoticon gerak.
- Kaskus.us menyediakan subforum yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih kreatif.
- Kaskus dapat menjadi forum kebersamaan serta komunitas tertentu.
- Mayoritas member kaskus merupakan orang asli Indonesia. Selain itu kaskus juga selalu mengembangkan inovasi baru. Inovasi ini antara lain adalah dengan berkerja sama dengan inTouch Innovate Indonesia dengan menghadirkan suatu aplikasi Kaskus ODP sehingga dapat memberi keleluasaan kepada Kaskuser saat mengakses aplikasi melalui ponsel dalam berbagai tipe dan merk. Sejak diluncurkanya aplikasi kaskus ODP ini membuat jumlah pengakses kaskus mobile ini selalu meningkat.
E-Busisness Yang Dijalankan Oleh Kaskus
1.
Pendapatan Iklan
Pemasangan iklan di Kaskus dikenal dengan KASADs. KASADs
atau KASKUS Ads adalah fasilitas pemasangan iklan berupa teks dan/atau gambar
di Forum dan Forum Jual Beli (FJB) KASKUS. Iklan akan ditampilkan setelah
thread pertama. Menjamin iklan akan langsung terlihat jelas oleh Kaskuser.
Pemasang iklan bisa mengatur sendiri, gambar, teks, anggaran beriklan dan
penempatan iklan di halaman forum yang diinginkan.
Keuntungan
menggunakan KASADs menurut Kaskus :
a. Mudah. Pemasang iklan diberi kebebasan untuk
membuat iklannya sendiri. Baik berupa teks maupun gabungan antara teks dan
gambar.
b. Hemat. Pemasang iklan sudah bisa beriklan di
KASKUS dimulai dari anggaran 10 ribu rupiah.
c. Fleksibel. Pemasang iklan bisa menentukan
sendiri di halaman forum mana iklan akan muncul atau memilih paket iklan yang
sudah disediakan.
d. Jangkauan Luas. Iklan akan dilihat lebih dari 60 juta pengakses
KASKUS setiap bulannya.
Pemasangan iklan di KASADs
ditentukan berdasarkan :
a. CPC (Cost per Click) = Perhitungan budget berdasarkan 1 kali iklan
di klik CPC = Rp 3.000/click
b. CPM (Cost per Mille atau Impression) =
Perhitungan budget per 1000 kali iklan ditampilkan. CPM = Rp
500/impression
Bagi korporat
maupun pemilik merk yang ingin menjalankan kampanye promosi yang terintegrasi
di forum Kaskus dapat menghubungi sales@kaskusnetworks.com,
tentunya dengan tarif bervariasi. Selain dari pendapatan melalui KASADs, Kaksus
juga memperoleh pendapatan dari traffic oleh pengunjung melalui Adsense
lainnya, sebagai contoh dari Google Adsense. Seperti
diceritakan di atas saat ini diperkirakan pendapatan kaskus dari iklan mencapai
di atas 10 miliar rupiah.
2.
Donasi Member
Donasi oleh member
dilakukan melalui fitur Kaskus Donatur. Kaskus Donatur adalah sebuah layanan
bagi Kaskuser terutama yang aktif di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus untuk
menikmati beberapa fasilitas lebih di Kaskus seperti:
a. Kapasitas inbox Private
Message (PM) yang lebih besar yaitu 500 pesan.
b. Dapat
menggunakan fitur Quick Reply untuk langsung merespon thread tanpa Captcha.
c. Dapat melihat pemberi Reputation.
d. Akses ke forum khusus Kaskus Donatur.
e. Kecepatan Akses lebih cepat dan hampir tanpa iklan.
Dengan menjadi
Kaskus Donatur, tag pada username Kaskus akan berubah menjadi “Kaskus Donatur”
dan mendapat simbol [$] disamping username.
Biaya keanggotaan Kaskus Donatur
a. Rp 30.000 untuk jangka waktu 1 bulan
b. Rp 80.000 untuk jangka waktu 3 bulan
c. Rp 150.000 untuk jangka waktu 6 bulan
d. Rp 300.000 untuk jangka waktu 1 tahun
Penulis belum mendapatkan
informasi yang valid mengenai jumlah pendapatan Kaskus dari fitur Kaskus
Donatur ini.
3.
Pengembangan e-Commerce
Sebagai salah
satu pemecahan masalah yang sering timbul oleh keluhan member Kaskus pada forum
Jual Beli, Kaskus berencana mengembangkan dua layanan bisnis yaitu layanan
pembayaran online dan layanan logistik barang. Hal ini mengingat seringnya
terjadi penipuan oleh member di FJB akan proses pembayaran transaksi dan
kebenaran pengiriman barang oleh penjual di FJB.
a. Layanan
Pembayaran Online
Layanan pembayaran online dilakukan
melalui KasPay (http://www.kaspay.com). KasPay adalah sistem pembayaran online
resmi dari PT. Darta Media Indonesia sebagaimana rekening bank online. Saat ini
layanan KasPay dapat digunakan di Kaskus dan situs-situs lain yang berafiliasi
dengan KasPay. Dalam waktu dekat KasPay akan menjadi sistem pembayaran utama di
Kaskus Marketplace yang akan segera diluncurkan.
Meskipun sudah
ada bank dengan fitur layanan online dan jasa rekening bersama, KasPay mencoba
untuk mengambil market di tengah ramainya Forum Jual Beli yang saat ini
transaksinya diperkirakan mencapai 575 miliar rupiah per bulannya. Namun
demikian saat ini Kaskus belum mengharuskan member yang bertransaksi di FJB
untuk menggunakan KasPay sebagai satu-satunya metode pembayaran.
b. Layanan
Logistik Barang
Menurut CEO Kaskus
Networks Ken Dean Lawadinata kepada Kompas.com (http://nasional.kompas.com/read/2011/07/14/2126452/Kaskus.Akan.Buka.Layanan.Logistik.Barang,
Kaskus Networks akan membuka layanan logistic, akan tetapi layanan
logistik ini hanya berupa kerja sama. Kaskus tidak akan membuat lini usaha
sendiri. Namun hingga saat ini layanan tersebut masih belum terealisasi,
sehingga belum diketahui metode serta petunjuk operasionalnya.
c. Layanan isi
Pulsa
Layanan isi Pulsa pernah diluncurkan Kaskus sebelum adanya versi beta.
Layanan ini sama halnya dengan isi Pulsa di outlet-outlet pulsa telepon.
Pembayarannya dengan menggunakan KasPay.
KasPay merupakan fitur baru
yang ditawarkan Kaskus, sehingga penulis belum bisa memperoleh data yang valid
berapa pendapatan yang diperoleh Kaskus dari fitur KasPay ini. Sedangkan
layanan isi pulsa juga belum ada data yang valid berapa keuntungan yang diperoleh
Kaskus. Namun bila dihitung secara kasar dari sekitar 4 juta kaskuser dalam
sebulan jika diambil 1 persen saja yang menggunakan layanan ini maka tinggal
dihitung jika keuntungan minimal Rp 1.000 maka secara kasar diperkirakan
perolehan layanan ini adalah Rp 1.000 x 4.000.000 kaskuser x 1% = Rp 40.000.000
minimal per bulannya.
Model
E-Business KAKSUS
Kaskus selaku
forum online terbesar di Indonesia juga bisa dibilang masih menggunakan model
bisnis iklan baris di forum jual belinya. Ini dikarenakan Kaskus tidak
mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama
atau escrow. Jadi transaksi masih dapat terjadi langsung antara penjual
dan pembeli. Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan
baris ialah metode cash on delivery atau COD.
Kaskus tidak
hanya menyediakan forum diskusi saja, tetapi Kaskus juga menyediakan forum jual
beli (FJB) yang menjual berbagai macam barang – barang unik mulai dari baju
dengan desain buatan sendiri, barang elektronik, obat, kosmetik, hingga mesin –
mesin untuk keperluan pertambangan juga tersedia di FJB tersebut. Kegiatan FJB
Kaskus ini dilakukan dengan menggunakan system e-commerce Customer to Customer
karena hanya sebagai wadah yang memfasilitasi transaksi jual beli yang
penjualnya merupakan member dari kaskus itu sendiri . Penjualan dimulai dari
situs kaskus tersebut, kemudian penjual dan pembeli akan melakukan transaksi
langsung (Cash On Delivery/COD) maupun transaksi elektronik yaitu kaskus e-pay
sebagai media transaksi online sehingga akan memudahkan para pengguna dalam
melakukan transaksi di FJB tersebut. Forum Jual Beli kaskus, adalah bentuk
e-commerce. Maka dari itu, kaskus disebut sebagai salah satu perusahaan yang
mengimplementasikan e-business di Indonesia .
Sumber
: http://stmikmalam.blogspot.co.id/2014/06/tugas-e-bisnis-e-business-review.html
Komentar
Posting Komentar