Penerapan E-Commerce Pada KASKUS




PENERAPAN E-BUSINESS PADA KASKUS INDONESIA

Kaskus merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia,  penggunanya disebut dengan Kaskuser. Perusahaan kaskus didirikan pada tanggal 6  November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs kaskus ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus ini memiliki lebih dari 3,4 juta  pengguna terdaftar. Kaskuser umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Kaskus yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga sampai saat ini. Kaskus telah dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.

Kaskus  juga merupakan forum jual-beli. Forum jual-beli tersebut memberlakukan system e-commerce karena transaksinya dilakukan secara elektronik. Untuk mempermudah, kaskus memberikan transaksi online yang mudah yang dinamakan kaskus e-pay.  Dalam hal jual-beli, kaskus telah berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia. Di kaskus tersebut diberlakukanlah sistem e-commrce, karena orang menjual barang melalui kaskus, dan juga transaksi yang dilakukan antara penjaual dan pembeli menggunakan transaksi elektronik.  Untuk itu, kaskus adalah e-business yang terbaik di Indonesia saat ini adalah sebab kaskus memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah:

  • Kaskus merupakan forum yang memiliki anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread paling update sehingga tidak ketinggalan  jaman.
  • The Lounge menyediakan banyak artikel unik yang sebelumnya mungkin tidak  banyak orang yang mengetahuinya.
  • CCPB mempermudah kita untuk mencari software (crack)
  • Kaskus adalah forum asli buatan Indonesia
  • Dalam FJB (forum jual-beli) kaskus menyediakan berbagai macam barang dalam berbagai bentuk dan rupa baik baru maupun bekas.
  • Emoticon serta member kaskus sangat lucu dan humoris sehingga emoticon yang lucu ini mampu membuat member terbebas dari rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disediakan tulisan kaku tetapi ada juga emoticon gerak.
  • Kaskus.us menyediakan subforum yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih kreatif.
  • Kaskus dapat menjadi forum kebersamaan serta komunitas tertentu.
  • Mayoritas member kaskus merupakan orang asli Indonesia. Selain itu kaskus juga selalu mengembangkan inovasi baru. Inovasi ini antara lain adalah dengan berkerja sama dengan inTouch Innovate Indonesia dengan menghadirkan suatu aplikasi Kaskus ODP sehingga dapat memberi keleluasaan kepada Kaskuser saat mengakses aplikasi melalui ponsel dalam berbagai tipe dan merk. Sejak diluncurkanya aplikasi kaskus ODP ini membuat jumlah pengakses kaskus mobile ini selalu meningkat.

E-Busisness Yang Dijalankan Oleh Kaskus

1.      Pendapatan Iklan
                  Pemasangan iklan di Kaskus dikenal dengan KASADs. KASADs atau KASKUS Ads adalah fasilitas pemasangan iklan berupa teks dan/atau gambar di Forum dan Forum Jual Beli (FJB) KASKUS. Iklan akan ditampilkan setelah thread pertama. Menjamin iklan akan langsung terlihat jelas oleh Kaskuser. Pemasang iklan bisa mengatur sendiri, gambar, teks, anggaran beriklan dan penempatan iklan di halaman forum yang diinginkan.
     
      Keuntungan menggunakan KASADs menurut Kaskus :
            a.   Mudah. Pemasang iklan diberi kebebasan untuk membuat iklannya sendiri. Baik berupa teks maupun gabungan antara teks dan gambar.
            b.   Hemat. Pemasang iklan sudah bisa beriklan di KASKUS dimulai dari anggaran 10 ribu rupiah.
            c.   Fleksibel. Pemasang iklan bisa menentukan sendiri di halaman forum mana iklan akan muncul atau memilih paket iklan yang sudah disediakan.
      d.   Jangkauan Luas. Iklan akan dilihat lebih dari 60 juta pengakses KASKUS setiap bulannya.
     
      Pemasangan iklan di KASADs ditentukan berdasarkan :
      a.   CPC (Cost per Click) = Perhitungan budget berdasarkan 1 kali iklan di klik CPC = Rp 3.000/click
            b.   CPM (Cost per Mille atau Impression) = Perhitungan budget per 1000 kali iklan ditampilkan. CPM = Rp 500/impression
           
                  Bagi korporat maupun pemilik merk yang ingin menjalankan kampanye promosi yang terintegrasi di forum Kaskus dapat menghubungi sales@kaskusnetworks.com, tentunya dengan tarif bervariasi. Selain dari pendapatan melalui KASADs, Kaksus juga memperoleh pendapatan dari traffic oleh pengunjung melalui Adsense lainnya, sebagai contoh dari Google Adsense. Seperti diceritakan di atas saat ini diperkirakan pendapatan kaskus dari iklan mencapai di atas 10 miliar rupiah.

2.      Donasi Member
            Donasi oleh member dilakukan melalui fitur Kaskus Donatur. Kaskus Donatur adalah sebuah layanan bagi Kaskuser terutama yang aktif di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus untuk menikmati beberapa fasilitas lebih di Kaskus seperti:
      a.   Kapasitas inbox Private Message (PM) yang lebih besar yaitu 500 pesan.
      b.   Dapat menggunakan fitur Quick Reply untuk langsung merespon thread tanpa Captcha.
      c.   Dapat melihat pemberi Reputation.
      d.   Akses ke forum khusus Kaskus Donatur.
      e.   Kecepatan Akses lebih cepat dan hampir tanpa iklan.
     
                  Dengan menjadi Kaskus Donatur, tag pada username Kaskus akan berubah menjadi “Kaskus Donatur” dan mendapat simbol [$] disamping username.
      Biaya keanggotaan Kaskus Donatur
      a.   Rp 30.000 untuk jangka waktu 1 bulan
      b.   Rp 80.000 untuk jangka waktu 3 bulan
      c.   Rp 150.000 untuk jangka waktu 6 bulan
      d.   Rp 300.000 untuk jangka waktu 1 tahun
      Penulis belum mendapatkan informasi yang valid mengenai jumlah pendapatan Kaskus dari fitur Kaskus Donatur ini.

3.      Pengembangan e-Commerce
                  Sebagai salah satu pemecahan masalah yang sering timbul oleh keluhan member Kaskus pada forum Jual Beli, Kaskus berencana mengembangkan dua layanan bisnis yaitu layanan pembayaran online dan layanan logistik barang. Hal ini mengingat seringnya terjadi penipuan oleh member di FJB akan proses pembayaran transaksi dan kebenaran pengiriman barang oleh penjual di FJB.
a.       Layanan Pembayaran Online
      Layanan pembayaran online dilakukan melalui KasPay (http://www.kaspay.com). KasPay adalah sistem pembayaran online resmi dari PT. Darta Media Indonesia sebagaimana rekening bank online. Saat ini layanan KasPay dapat digunakan di Kaskus dan situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay. Dalam waktu dekat KasPay akan menjadi sistem pembayaran utama di Kaskus Marketplace yang akan segera diluncurkan.
Meskipun sudah ada bank dengan fitur layanan online dan jasa rekening bersama, KasPay mencoba untuk mengambil market di tengah ramainya Forum Jual Beli yang saat ini transaksinya diperkirakan mencapai 575 miliar rupiah per bulannya. Namun demikian saat ini Kaskus belum mengharuskan member yang bertransaksi di FJB untuk menggunakan KasPay sebagai satu-satunya metode pembayaran.

b.      Layanan Logistik Barang
                              Menurut CEO Kaskus Networks Ken Dean Lawadinata kepada Kompas.com (http://nasional.kompas.com/read/2011/07/14/2126452/Kaskus.Akan.Buka.Layanan.Logistik.Barang, Kaskus Networks akan membuka layanan logistic, akan tetapi layanan logistik ini hanya berupa kerja sama. Kaskus tidak akan membuat lini usaha sendiri. Namun hingga saat ini layanan tersebut masih belum terealisasi, sehingga belum diketahui metode serta petunjuk operasionalnya.

c.       Layanan isi Pulsa
                              Layanan isi Pulsa pernah diluncurkan Kaskus sebelum adanya versi beta. Layanan ini sama halnya dengan isi Pulsa di outlet-outlet pulsa telepon. Pembayarannya dengan menggunakan KasPay.
                  KasPay merupakan fitur baru yang ditawarkan Kaskus, sehingga penulis belum bisa memperoleh data yang valid berapa pendapatan yang diperoleh Kaskus dari fitur KasPay ini. Sedangkan layanan isi pulsa juga belum ada data yang valid berapa keuntungan yang diperoleh Kaskus. Namun bila dihitung secara kasar dari sekitar 4 juta kaskuser dalam sebulan jika diambil 1 persen saja yang menggunakan layanan ini maka tinggal dihitung jika keuntungan minimal Rp 1.000 maka secara kasar diperkirakan perolehan layanan ini adalah Rp 1.000 x 4.000.000 kaskuser x 1% = Rp 40.000.000 minimal per bulannya.
           
            Model E-Business KAKSUS
                 
                  Kaskus selaku forum online terbesar di Indonesia juga bisa dibilang masih menggunakan model bisnis iklan baris di forum jual belinya. Ini dikarenakan Kaskus tidak mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama atau escrow. Jadi transaksi masih dapat terjadi langsung antara penjual dan pembeli. Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan baris ialah metode cash on delivery atau COD.
Kaskus tidak hanya menyediakan forum diskusi saja, tetapi Kaskus juga menyediakan forum jual beli (FJB) yang menjual berbagai macam barang – barang unik mulai dari baju dengan desain buatan sendiri, barang elektronik, obat, kosmetik, hingga mesin – mesin untuk keperluan pertambangan juga tersedia di FJB tersebut. Kegiatan FJB Kaskus ini dilakukan dengan menggunakan system e-commerce Customer to Customer karena hanya sebagai wadah yang memfasilitasi transaksi jual beli yang penjualnya merupakan member dari kaskus itu sendiri . Penjualan dimulai dari situs kaskus tersebut, kemudian penjual dan pembeli akan melakukan transaksi langsung (Cash On Delivery/COD) maupun transaksi elektronik yaitu kaskus e-pay sebagai media transaksi online sehingga akan memudahkan para pengguna dalam melakukan transaksi di FJB tersebut. Forum Jual Beli kaskus, adalah bentuk e-commerce. Maka dari itu, kaskus disebut sebagai salah satu perusahaan yang mengimplementasikan e-business di Indonesia .


Sumber : http://stmikmalam.blogspot.co.id/2014/06/tugas-e-bisnis-e-business-review.html




Komentar

Postingan Populer